-->

Contoh Surat Sosial dan Format Penulisannya yang Baik dan Benar

Pengertian surat sosial ialah surat yang dibuat oleh orang atau perusahaan guna mempererat hubungan kerjasama atau hubungan kekeluargaan antar dua pihak.

Macam-macam Surat Sosial
Macam-macam surat sosial dibedakan berdasarkan penempatannya, antara lain surat sosial dalam aktivitas bisnis, dan surat sosial dalam lingkup masyarakat umum.

Surat sosial dalam aktivitas bisnis adalah surat yang dibuat terkait aktivitas bisnis atau kedinasan dengan tujuan untuk membangun citra nama baik antar sesama partner. Contohnya surat ucapan terima kasih, surat permohonan maaf, dan surat ucapan belasungkawa.

Sedangkan Surat Sosial dalam Lingkup Masyarakat Umum atau Luas adalah surat yang dibuat oleh lembaga sosial diperuntukkan kepada seseorang, organisasi, atau instansi tertentu.

Biasanya surat sosial dalam lingkup masyarakat umum bertujuan untuk mendapatkan harapan sesuai isi surat yang dimaksud, seperti permintaan sumbangan, atau permintaan kerja bakti kepada warga.

Contoh surat sosial dalam masyarakat umum antara lain surat undangan rapat, surat permohonan bantuan, surat undangan ulang tahun, dan lain-lain.

Format Penulisan Surat Sosial
Pembuatan surat sosial kelihatannya memang mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam format penulisan surat sosial, antara lain:

  • Nama Penerima: Harus jelas penulisannya, kedudukannya, gelarnya, dan sapaannya.
  • Perihal Surat: Terkait tujuan dibuatnya surat.
  • Isi Surat: Harus menggunakan kalimat yang baku, jelas, dan sopan.
  • Legalitas surat: surat sosial harus memiliki kop surat, dan tanda tangan pembuat surat, dan/atau stempel organisasi/perusahaan/instansi.

Contoh Surat Sosial yang Pertama

Pengertian surat sosial ialah surat yang dibuat oleh orang atau perusahaan guna mempererat Contoh Surat Sosial dan Format Penulisannya yang Baik dan Benar


PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
Jalan Pemuda No 15, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
===============================================
Semarang, 20 Maret 2018
Nomor      :    192/disdik/III/2018   
Lampiran  :    -
Perihal      :    Pengumuman

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Di tempat

Dengan hormat,

Bersama ini kami sampaikan bahwa guna menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang berkaitan dengan manajemen sekolah, kami akan melaksanakan kegiatan pelatihan dan pemantapan struktur serta implementasi tata kelola sekolah yang benar dan tepat.

Melalui pelatihan ini, kami harapkan nantinya, Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat lebih baik lagi dalam pengelolaan dan manajemen mutu pengurus di masing-masing sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Oleh karena itu, mohon dipersiapkan kesanggupannya untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal   :    Sabtu-Minggu, 24-25 Maret 2018
Waktu              :    Pukul 09.00 WIB s/d selesai

Tempat :    Aula Serbaguna Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Jalan Pemuda No.134, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Susunan Acara :   
a.    Registrasi Peserta
b.    Pengarahan dari panitia
c.    Pemberian modul
d.    Pemantapan dan Presentasi

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Kepala


Abdul Muis, S.Pd. M.Pd



Contoh Surat Sosial yang Kedua


BANK DAMONO
Jalan Jendral Nasution No 125, kota Semarang
===============================================
Semarang, 15 Maret 2018
Nomor    :    R00019/BDI-DIP/0626   

Dengan hormat,

Perihal: Permohonan Maaf

Bank Damono mohon maaf atas ketidaknyamanan nasabah yang mungkin timbul berkaitan dengan pemberitaan di sejumlah media. Kami sampaikan bahwa pemberitaan media tentang isu pemecatan karyawan karena melaksanakan ibadah tidaklah benar.

Bank Damono menghargai hak setiap karyawan dalam menjalankan kegiatan keagamaannya tanpa diskriminasi sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan.

Kami sangat menyayangkan terjadinya kesalahpahaman antar karyawan dan semua masalah yang terjadi telah diselesaikan dengan baik dan secara kekeluargaan.

Demikian, semoga tidak terjadi lagi kesalahpahaman yang meresahkan di masyarakat terkait permasalahan tersebut. Terima kasih atas perhatiannya dan dimuatnya surat ini.

PT Bank Damono, Tbk.
Kantor Wilayah Semarang


Bambang Rohmat Alamsyah
Regional Head Officer

***
Itulah beberapa contoh surat sosial beserta format penulisannya yang baik dan benar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel