-->

8 Contoh Teks Eksplanasi Budaya Singkat Beserta Strukturnya

8 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Beserta Strukturnya - Teks eksplanasi adalah jenis teks yang didalamnya memuat berbagai penjelasan secara rinci, detail, serta lengkap tentang suatu hal. Sama halnya jenis teks lain pada umumnya. Dalam sebuah contoh teks eksplanasi umumnya juga mengandung faktor maupun aspek aspek yang meliputi ciri ciri teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, hingga kaidah kebahasaan teks eksplanasi itu sendiri.

Contoh teks eksplanasi tentang budaya Indonesia merupakan salah satu contoh umum yang dapat kita temukan dalam kehidupan. Hal ini disebabkan karena sama halnya sosial, budaya merupakan sebuah aspek kehidupan yang tidak akan pernah terlepas dari keseharian manusia. Maka dari itu contoh teks eksplanasi budaya umumnya sangat mudah untuk kita temui.

Teks eksplanasi sendiri berasal dari kata explain dalam bahasa inggris yang artinya menjelaskan. Jadi dapat kita simpulkan bahwa teks eksplanasi tentang budaya adalah sebuah teks yang menjelaskan detil karaktersitk maupun rincian dari sebuah budaya. Tidak hanya budaya saja yang dibahas dalam teks eksplanasi, namun kita juga dapat menemukan contoh teks eksplanasi singkat dengan berbagai tema yang berbeda beda seperti pendidikan, bencana alam, ekonomi, dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Beserta Strukturnya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh teks eksplanasi singkat tentang budaya Indonesia, namun sebelum kita menginjak membahas contoh eksplanasi tersebut kita harus mengetahui beberapa unsur yang membangun sebuah teks eksplanasi. Unsur unsur tersebut adalah struktur teks eksplanasi, ciri ciri teks eksplanasi, kaidah kebahasaan teks eksplanasi serta pengertian teks eksplanasi itu sendiri.

Pengertian teks eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah jenis teks yang didalamnya memuat berbagai informasi secara detil, rinci dan lengkap tentang sebuah fenomena maupun suatu hal. Teks eksplanasi sendiri berasal dari kata explain dalam bahasa inggris. Jadi ketika kita mendengar kalimat contoh teks eksplanasi tentang budaya tentunya secara otomatis kita tau bahwa contoh teks eksplanasi singkat tersebut akan membahas budaya baik itu budaya indonesia maupun budaya mancanegara.

Dalam sebuah contoh teks eksplanasi budaya kita akan disuguhi berbagai informasi yang berisi penjelasan tentang suatu proses terjadinya suatu fenomena. Proses ini umumnya juga akan berkaitan dengan sebab dan akibat.

Struktur teks eksplanasi

Dalam sebuah contoh teks eksplanasi budaya singkat, kita akan menjumpai sebuah struktur khusus yang terdiri dari pernyataan umum, diikuti oleh deretan penjelas, dan diakhiri oleh interpretasi. Ketiga unsur tersebut merupakan struktur teks eksplanasi yang wajib kita ketahui. Adapun penjelasan masing masing struktur adalah:

  • Pernyataan umum : pernyataan umum dalam contoh teks eksplanasi singkat biasanya memuat tentang penyampaian topik, ataupun permasalahan yang sedang dibahas. Memberikan gambaran umum suatu hal yang dikemas dalam sebuah pragraf pendahuluan. Dalam menuliskan pernyataan umum harus menggunakan bahasa yang padat dan menarik untuk dibaca.
  • Deretan penjelas : Dalam bagian ini umumnya paragraf akan berisi tentang hubungan sebab akibat tentang suatu fenomena maupun hal yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk alur yang terstruktur.
  • Interpretasi : Seperti namanya, interpretasi merupakan paragraf penutup dalam contoh teks eksplanasi budaya singkat, interpretasi memuat informasi berupak kesimpulan dari proses sebab dan akibat.

Ciri ciri teks eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang memberikan informasi berupa penjelasan penjelasan yang berorientasi pada hubungan sebab dan akibat. Dalam contoh teks eksplanasi budaya maupun contoh teks eksplanasi singkat lainnya kita akan menemukan beberapa ciri ciri yang menjadi pola menyusun teks ini. Adapun ciri ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:
  • Informasi yang dimuat dalam teks eksplanasi bersifat konkret atau fakta dan bukan merupakan rekayasa.
  • Informasi bersifat ilmiah yang dibuktikan dengan fakta dan bukan merupakan karangan maupun fiksi.
  • Menggunakan bahasa yang informatif dan membujuk pembacanya.
  • Diawali dengan pernyataan umum, diikuti oleh deretan penjelas lalu diakhiri dengan interpretasi sebagai kesimpulan.

Contoh teks eksplanasi budaya singkat


Dalam bagian ini kita akan membahas lebih lanjut tentang contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya yang membahas tentang budaya atau kebudayaan di Indonesia. Adapun contoh teks tersebut adalah sebagai berikut:

Penyebab Hilangnya Budaya Indonesia
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budayanya. Namun seiring berkembangnya jaman, budaya budaya tersebut semakin lama semakin hilang karena kurangnya kesadaran dari masyarakat. Selain itu adapula faktor lain yang mengakibatkan budaya Indonesia semakin hilang yaitu media pembelajaran mengenai budaya semakin berkurang dan komunikasi antar budaya semakin minim. Berkembangnya jaman membuat banyak sekali budaya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Hal tersebut membuat budaya lokal semakin ditinggalkan dan masyarakat lebih memilih budaya asing yang dianggap lebih praktis dan modern. Budaya asing dianggap lebih keren dan modren, padahal di Indonesia banyak sekali budaya budaya yang melebihi budaya luar tersebut.

Budaya yang berasal dari luar terkadang tidak sesuai dengan jati diri dan norma yang terdapat di Indonesia. Walupun demikian masyarakat lebih memilih mengembangkan budaya luar daripada budaya lokal. Jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan budaya lokal Indonesia semakin lama akan semakin menghilang dimakan waktu. Salah satu faktor penyebab hilangnya budaya asing ialah daya komunikasi antar budaya yang semakin minim. Komunikasi tersebut sebenarnya sangat diperlukan agar tidak ada kesalahpahaman mengenai budaya yang dianut. Jika komunikasi tersebut semakin minim maka ketahanan budaya Indonesia akan semakin menurun karena mudah terjadinya pertentangan antar suku. Penyebab hilangnya budaya diIndonesia harus dicegah atau ditanggulangi dengan adanya kesadaran masing masing orang.

Sebagai generasi penerus bangsa seharusnya kita budayakan berkomunikasi antar masyarakat agar pengaruh budaya lokal dapat disebarkan dari satu orang keorang lain secara menyeluruh. Maka dari itu sejak kecil kita diajarkan mengenai kebudayan yang terdapat di Indonesia. Namun terkadang para siswa mengangkap pelajaran ini tidak terlalu penting. Melalui pembelajaran budaya usia dini akan dapat membangun budaya bangsa agar lebih mudah beradaptasi dijaman era globalisasi ini. Penyebab hilangnya budaya Indonesia ialah minimnya pembelajaran budaya disekolah sekolah. Usahakan pihak pihak sekolah menambahkan pelajaran budaya ini agar para generasi bangsa dapat memiliki kesadaran agar menjaga budaya yang ada.

Contoh teks eksplanasi tentang budaya Wayang
Di Indonesia terdapat budaya yang sangat populer dikalangan masyarakat. Budaya tersebut sudah ada sejak jaman nenek moyang karena merupakan gambaran para tokoh tokoh jawa yang konon pernah ada. Jenis budaya tersebut ialah budaya wayang. Wayang merupakan karya seni pertunjukan asli dari Indonesia yang banyak berkembang diwilayah Bali dan Jawa. Namun budaya wayang ini juga mulai populer dibeberapa daerah Semenanjung Malaya dan Sumatera. Pada tanggal 7 November 2003, organisasi UNESCO menetapkan budaya wayang sebagai bentuk pementasan boneka dari Indonesia yang menggambarkan warisan seni bertutur dan memiliki nilai yang tak terbatas.
contoh teks eksplanasi budaya singkat
Budaya wayang kulit Indonesia
Di indonesia sendiri terdapat pementasan boneka yang sangat terkenal, walaupun demikian ternyata pementasan boneka tersebut juga telah ada dinegara negara asing. Budaya wayang Indonesia telah masuk kedalam daftar representasi warisan budaya tahun 2003. UNESCO memasukkan wayang kedalam daftar tersebut karena pementasan boneka ini memiliki ciri khas yang unik dengan tutur kata yang beragam serta yang paling penting milik Indonesia asli. Pertunjukan boneka mulai masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan India. Pementasan ini berkembang akibat pengaruh agama Hindu di negara negara Asia selatan. Namun bangsa Indonesia mengembangkan seni pementasan ini menjadi sebuah budaya yang unik dan menarik.

Budaya wayang ditemukan dari catatan Prasasti abad ke 4 yang berasal Balitung. Dalam prasasti tersebut terdapat tulisan yang berbunyi Galigi Mawayang. Pementasan boneka ini juga termasuk media penyebaran agama Hindu di Indonesia. Dalam pementasan wayang tersebut sering menggunakan kisah kisah Mahabarata maupun kisah Ramayana. Boneka boneka wayang yang digunakan berasal dari bahan kulit sapi. Jenis boneka ini memiliki nama yaitu wayang kulit. Dengan menggunakan wayang inilah agama Islam mulai diperkenalkan ke Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel