-->

Contoh Cerita Pendek Fantasi Singkat Beserta Strukturnya (Final Fantasy)

Contoh Cerita Fantasi (Cerita Fiksi) Singkat Beserta Strukturnya - Cerita fiksi atau yang lebih umum disebut dengan teks cerita fantasi merupakan karya tulis  yangtermasuk dalam karangan yang disusun dan dibangun menggunakan struktur alur cerita yang terkesan normal sama seperti contoh cerita pada umumnya. Namun jika kita kaji lebih dalam teks cerita fantasi lebih cenderung bersifat khayalan atau fiksi semata yang tidak akan mungkin terjadi di dunia ini. Umumnya cerita fantasi dapat kita temukan pada majalah dan buku kumpulan cerita dalam bentuk cerita pendek fantasi yang notabennya akan menyuguhkan alur cerita yang terkesan fiksi atau khayalan semata.

Baik contoh cerita fiksi maupun contoh cerita fantasi beserta strukturnya dapat dengan mudah kita temukan tidak hanya dalam media cetak namun juga dalam media elektronik yang umumnya berbentuk film. Dalam meia cetak dapat kita temukan cerpen fantasi atau cerita pendek fantasi seperti timun mas dan rasaksa, superman, batman, dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah film trasformer yang menyuguhkan peperangan galaksi antara robot dengan manusia dengan latar dan seting yang terkesan futuristik dan canggih karena robot yang menjadi tokoh dalam film dapat berubah menjadi mobil, jet, tank, truk dan kendaraan lain.


Cerita fantasi ini pada dasarnya memiliki struktur teks yang sama dengan cerpen (cerita pendek fantasi). Bahkan cerita fantasi yang terkesan hanya fiksi ini juga dapat kita kategorikan kedalam jenis teks cerita pendek (cerpen fantasi). Jika dilihat dari strukturnya maka kita juga dapat menyimpulkan bahwa cerita fantasi termasuk kedalam jenis teks narasi yang  umumnya hanya sebuah teks karangan bersifat fiksi semata. Meskipun teks cerita fantasi hanya bersifat fiksi, namun cerita fantasi yang terkandung didalamnya akan memuat perkembangan peristiwa beserta kejadian yang berawal dari prologue (pendahuluan) menuju konflik dan diakhiri oleh epilogue.

Contoh Cerita Fantasi (Cerita Fiksi) Singkat Beserta Strukturnya

Sebelum kita menelisik contoh cerita fantasi fiksi singkat terlebih dahulu kita harus paham dan mengerti tentang ciri ciri teks dan strukturnya karena sama seperti teks kebanyakan, teks cerita fiksi fantasi ini juga memiliki struktur dan ciri ciri. Adapun struktur teks cerita fiksi fantasi adalah sebagai berikut:
  1. Orientasi : Orientasi merupakan tahap dimana pengarang memperkenalkan tokoh, dan sedikit memberikan penjabaran tentang alur cerita dna nuansa.
  2. Konflik : Tahap ini merupakan tahapan dimana mulai terjadi permasalahan atau konflik yang dimulai dari awal permasalahan hingga menuju ke puncak permasalahan (klimaks).
  3. Resolusi : Resolusi merupakan tahap setelah terjadi konflik dimana mulai terdapat jalan penyelesaian untuk menyelesaikan konflik.
  4. Ending : Ending adalah tahap akhir yang akan menentukan apakah contoh cerita fantasi atau cerita fiksi akan masuk kedalam kategori happy ending ataukah sad ending.
Selain struktur cerita fiksi juga memiliki ciri ciri yang membedakan cerita pendek fantasi dengan cerita cerita pendek lainnya. Adapun ciri ciri cerita fiksi fantasi adalah sebagai berikut:
  1. Ide cerita dalam cerita fantasi tidak terbatas oleh realita atau kenyataan karena bersifat khayalan.
  2. Memuat cerita yang mengandung unsur magis, msiterius, ajaib dan keanehan lain yang tidak akan terjadi di dunia.
  3. Menggunakan latar yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
  4. Tokok tokoh yang memiliki kekuatan khusus dan keunikan tersendiri seperti memiliki kekuatan untuk menghancurkan dunia dan menyelamatkan dunia.
  5. Bersifat fiksi atau tidak akan terjadi di dunia nyata.
  6. Mengangkat cerita yang terkesan lengenda maupun futuristik.
Contoh cerita pendek fantasi yang umum kita jumpai dalam kehidupan sehari hari seperti eragon, twilight, lord of the rings, final fantasy merupakan beberapa contoh cerita fantasi yang notabennya menjadi best seller sebagai buku film, dan permainan console. Cerita cerita fantasi tersebut dapat menjadi terkenal, populer dan digemari karena mengangkat tema dan mengandung unsur yang menarik serta unik. Dari pernyataan tersebut

Contoh Cerita Fantasi Singkat

Dua tahun setelah peristiwa sekaligus tragedi yang terjadi di planet gaia, segala pemulihan atas kerusakan yang diakibatkan oleh meteor yang nyaris menghancurkan planet tersebut mulai diupayakan dengan sangat serius, Penduduk kota midgar yang berhasil selamat dari bencana mendirikan kota baru yang diberi nama Edge yang terletak diluar kota midgar. Namun dibalik harapan yang baru, munculah penyakit yang disebut Geostigma yang semakin menambah penderitaan penduduk karena penyebaran penyakit yang cepat dan lebih dominan menyerang anak anak.


Setelah pertempuran besarnya melawan sephiroth, Cloud akhirnya mendirikan sebuah usaha jasa pengantar barang yang dibantu oleh tifa lockhart dan marlene wallace (anak angkat barret wallace). Bersama mereka bertiga tinggal juga seorang anak laki laki yatim piatu bernama Danzel yang tinggal bersama di kota Edge dalam sebuah bar yang didirikan oleh Barret. Menelisik kembali penyakit geostigma, sayangnya Danzel dan Cloud merupakan dua orang dari sekian banyak orang yang terkena penyakit tersebut. Karena penyakit ini dan perasaan bersalah akibat tidak bisa melindungi orang orang yang disayanginya akhirnya Cloud mengasingkan dirinya sendiri dengan cara melarikan diri dari kenyataan dan terus berkelana seorang diri.

Di suatu hari, Cloud yang tengah mengendarai motornya menuju Edge dihadang dan diserang oleh tiga orang misterius yang berusaha mencari ibu mereka (the mother) dengan mengenakan jaket hitam dan berambut silver. Karena penyakit geostigma yang dideritanya akhirnya Cloud terdesak menghadapi serangan kawanan misterius tersebut. Merasa sudah cukup membinasakan Cloud akhirnya pemimpin dari kawanan misterius itu memberikan isyarat untuk menghentikan serangan dan mereka pergi meninggalkan Cloud begitu saja. Merasa penasaran dan berharap mendapatkan jawaban atas penyerangan tersebut akhirnya Cloud menemui Rufus Shinra di markas sekaligus tempat rehabilitasinya.

Rufus shinra merupakan pemilik sekaligus pimpinan dari Shinra electric power company yang bertanggung jawab atas segala kerusakan di planet gaia yang akhirnya meminta bantuan cloud untuk melindunginya dari kadaj, yazoo, dan loz yang tidak lain adalah tiga orang misterius yang menyerang Cloud sebelumnya. Cloud yang menolak tawaran Rufus akhirnya meninggalkan basecamp dan pergi melanjutkan perjalanannya ke Edge. Setelah kepergian Cloud, kadaj yang juga memiliki kekuatan magis akibat geostigma menerobos masuk basecamp rufus dan melumpukan kedua bodyguard kepercayaannya yakni Reno dan Rude. Tujuan Kadaj menerobos masuk tidak lain adalah untuk menanyakan langsung dimana keberadaan ibunya yang dimaksud ibu oleh kadaj ternyata adalah sisa sisa Jenova yang notabennya berhubungan dengan tersebarnya penyakit geostigma di planet gaia. Kadaj juga memberitahu jati dirinya dan kedua saudaranya (yazoo dan loz) merupakan sisa jiwa dan ambisi sephiroth, bersama mereka merencanakan reuni untuk mendatangkan bencana besar di planet tersebut.

Bersamaan dengan dialog antara Kadaj dengan Rufus, Yazoo tengah mengumpulkan anak anak yang telah terinfeksi penyakit geostigma sembari mencari informasi dimana ibunya berada. Dan Loz yang datang ke gereja yang dimiliki Aerith Gainsborough (Kekasih cloud yang tewas dibunuh sephiroth) bertarung dengan tifa. Tifa akhirnya kalah setelah mendapatkan serangan kejut dari teknologi yang dipakai Loz di tangan kirinya (semacam teknik limit break). Loz yang menang dari tifa akhirnya membawa marlene dan Materia (bola kekutan) yang telah dikumpulkan oleh Cloud ke Forgotten City, tempat dimana Yazoo membawa anak anak yang telah terinfeksi geostigma. Cloud yang tersadar setelah penyakit geostigmanya kambuh akhirnya memilih untuk menolong anak anak itu, namun ia gagal karena sekali lagi penyakit geostigmanya kambuh kembali ketika tengah berhadapan dengan Kadaj, Yazoo, dan Loz. Cloud yang terdesak dan pingsan akhirnya diselamatkan oleh vincent valentine kawan lamanya pada saat pertempuran menghadapi sephiroth. Vincent akhirnya menjelaskan apa yang sebenarnya tengah dicari, rencana dan tujuan Kadaj dan kedua saudaranya. Kadaj berencana untuk membangkitkan kembali Sephiroth dan membawa kehancuran pada planet gaia. Vincent juga menjelaskan bahwa geostigma sebenarnya adalah keadaan dimana sel sel kekebalan tubuh manusia sedang melawan pengaruh dari sel jenova. Selain itu, vincent juga telah menyelamatan Tseng dan Elena yang disiksa hingga sekarat oleh kelompok Kadaj. Setelah mendapatkan penjelasan dan bujukan dari Marlene dan Vincent, Cloud akhirnya memutuskan untuk kembali ke Edge dan menghentikan ambisi sekaligus perbuatan Kadaj dalam sebuah pertarungan.

Keesokan harinya ketiga penjahat tersebut muncul di kota midgar dan mulai membuat kekacauan. Kadaj yang mengenakan materia mulai memanggil bahamut yang berbentuk naga raksasa yang memporak-porandakan menara tengah kota. Sementara Yazoo memanggil shadow creeper yang menyerang warga Edge. Penyerangan inilah yang melatar belakangi bersatunya kembali anggota Final Fantasy VII yang terdiri dari Barret, Tifa, Red XIII, Yuffie, Cait, Cid, dan Vincent ditambah dengan Reno dan Rude yang berusaha menghalau musuh hingga Cloud datang. Dengan menggunakan kerjasama tim yang kompak Cloud dan teman temannya berhasil mengalahkan monster dan menyudutkan Yazoo dan Loz.

Kadaj yang menyaksikan rusaknya kota dari atap sebuah bangunan akhirnya terkejut dan marah karena ternyata selama ini rufus yang membawa sisa sisa jenova dibalik jaketnya. Rufus menjatuhkan kota yang berisi sisa sisa jenova begitu saja disusul dengan kadaj yang melompat berusaha meraih kotak tersebut. Meskipun kadaj berhasil mendapatkanya, namun tembakan rufus berhasil mengenai kotak tersebut dan merusak kotaknya. Kadaj yang sempat mengintip isi kotak tersebut melihat Cloud dari kejauhan tengah mengendarai motornya. Merasa tujuannya telah tercapai akhirnya kadaj dan kedua saudaranya melarikan diri menggunakan motor mereka disusul dengan Cloud yang mengejar mereka dari belakang. Aksi kejar mengejar diselingi dengan pertarungan diudara, diatas motor maupun dijalan raya terjadi antara Cloud melawan Kadaj dan kedua saudaranya. Disebuah terowongan, Yazoo dan Loz berhasil dikalahkan Cloud, meskipun sudah dikalahkan mereka berdua tetap berusaha mengejar Cloud sekalipun senjata mereka telah dihancurkannya. Yazoo dan Loz yang tertinggal akhirnya terkena ledakan yang sebelumnya telah dipasang oleh Reno dan Rude.


Pengejaran Cloud terus berlanjut dan hanya menyisakan satu musuh yakni kadaj, Mereka menuju ke reruntuhan kota midgar dan berakhir di gereja tua milik aerith (kekasih cloud yang telah meninggal) disana Kadaj melakukan tembakan menggunakan materia yang secara tidak sengaja membentur lantai dan mengakibatkan munculnya air misterius yang menyembur ke udara. Air inilah perwujudan dari aliran kehidupan (lifestream) di planet gaia yang akhirnya menyembuhkan Cloud dari geostigma. Kadaj yang terkena percikan air kehidupan ini merasa tidak nyaman dan lemah akhirnya pergi meninggalkan gereja aerith. Cloud yang mengejar Kadaj akhirnya berhenti di tengah kota midgar. Mereka bertarung dengan sangat sengit, Cloud yang telah sembuh dari penyakit geostigma akhirnya mampu mengalahkan Kadaj dengan sangat mudah dalam pertarungan satu lawan satu tersebut. Ketika pertarungan telah berakhir dan menyadari dirinya telah kalah, Kadaj akhirnya membuka kotak yang dipegangnya, dan menyerap sisa sisa yang ada didalamnya. Cloud yang belum sempat menghentikannya, akhirnya terkejut melihat Kadaj berubah menjadi Sephiroth, musuh bebuyutannya.

Setelah bertarung cukup lama dan sengit melawan Sephiroth, ahirnya cloud yang kalah ditanya hal apakah yang paling penting  bagi dirinya, agar sephiroth mendapatkan kesenangan dengan cara melenyapan hal tersebut dari dunia ini. Seketika itu juga Cloud teringat dengan kata ata Zack (Sahabat cloud yang tewas karena melindunginya di episode sebelumnya). Dalam dimensi lain Zack meningatkan cloud untuk tidak menyerah dan terus melawan seperti dahulu kala. Mendengar perkataan Zack yang sudah meninggal akhirnya Cloud bangkit dan melawan Sephiroth kembali. Cloud melakukan serangan limit break versi terbarunya pada Sephiroth. Pedang besar yang dibawanya terpisah menjadi enam bagian dan cloud mulai menyerang Sephiroth dengan keenam bagian pedang tersebut hingga kalah.


Setelah kalah akhirnya sephiroth menghilang dan hanya menyisakan kadaj dengan tubuh yang lemah dan sekarat. Mendengar suara aerith akhirnya kadaj percaya bahwa ia adalah ibu yang selama ini telah ia cari cari. Akhirnya kadaj merelakan kepergiannya terbawa oleh lifestream yang diikuti dengan sembuhnya geostigma dari anak anak dan rufus shinra. Belum sempat mereka merayakan kemenangannya. Cloud mendapat tembakan dari Yazoo bersama dengan Loz yang tengah melemah akibat hujan penyembuh tadi. Yazoo dan Loz yang menghimpun kekuatan dari materia akhirnya melepaskan tembakan yang menyebabkan ledakan besar dan diri mereka hancur dan lenyap.

Baca Juga : Kata Motivasi - Kata Bijak - Kata Romantis - Kata Kata Lucu - Jagoankata.com

Cloud yang terbangun di gereja milik Aerith dikelilingi teman teman dan penduduk kota Edge. Semua senang dan merayakan kemenagan ini. Sesaat kemudian, Cloud melihat Aerith yang tengah berbicara dengan dua anak kecil. Lalu Aerith melangkah pergi keluar dari gereja tua itu dan sebelum keluar dari pintu gereja ia berkata pada Cloud bahwa semua baik baik saja Cloud. Akhirnya roh Aerith keluar dari gereja menuju sebuah pintu cahaya yang diikuti oleh arwah Zack yang melambaikan tangan pada Cloud. Cloud tersenyum senang sembari berkata ia tidak sendiri lagi.

Itulah cuplikan contoh cerita pendek fantasi singkat beserta strukturnya yang dapat anda pelajari sebagai bahan materi. Perlu kita ingat bahwa sebenarnya contoh cerita pendek fantasi dapat kita temukan dalam berbagai karangan lain tidak hanya dalam media online saja. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel