SENI TARI : Elemen Gerak Tari
Tuesday, 13 November 2018
Edit
Pada pelajaran Bab 5, peserta didik diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni tari, yaitu:
1. Mengidentifikasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
2. Mendeskripsikan elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
3. Melakukan gerak tari berdasarkan ruang,waktu, dan tenaga
4. Melakukan asosiasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat, dan
5. Mengomunikasikan elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga baik secara lisan dan/atau tertulis
Mahkluk hidup setiap hari melakukan gerak. Gerak merupakan ciri utama dari kehidupan. Gerak yang dilakukan oleh mahkluk hidup mengisi ruang dan waktu. Ketika mahkluk hidup bergerak memerlukan tenaga. Jadi ruang-waktu-tenaga tidak dapat dipisahkan dari gerak. Amati gambar berikut dengan seksama!
Setelah kalian mengamati gambar di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini:
1. Apakah ada perbedaan di setiap elemen gerak tari yang dilakukan?
2. Apakah pose gerak yang dilakukan memiliki ruang?
3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan gerak?
4. Berapa besar tenaga yang digunakan untuk melakukan gerak?
A. Pengertian Elemen Gerak Tari
Kamu telah mengamati gerak tari dari berbagai sumber belajar. Kamu juga telah mendiskusikan hasil pengamatan tersebut. Tentu di antara kalian memiliki persepsi berbeda karena mungkin tari yang diamati juga berbeda. Setiap tari memiliki ragam gerak berbeda tetapi memiliki kesamaan yaitu gerak membentuk ruang, membutuhkan waktu, dan tenaga dalam melakukan gerak tersebut.
Indonesia memiliki keragaman gerak tari yang berbeda antara satu suku dengan suku lainnya. Keragaman ini merupakan kekayaan budaya sebagai hasil cipta karsa manusia. Gerak melengkung memberi makna kedinamisan dan keberlanjutan. Gerak dilakukan secara rampak oleh penari dengan menghadap pada properti simbol api yang menyala. Api menyimbolkan semangat pantang menyerah dan terus berkobar.
Penari dengan properti tongkat memberi kesan pada tenaga yang digunakan lebih sedikit karena gerak yang dilakukan merupakan simbolik dari gerak orang tua renta.
Gerak tari dengan kesan tenaga kuat dan kesan ruang yang lurus ditunjukkan pada kelompok tari Saman. Tenaga yang digunakan untuk menari Saman sangat besar karena gerakan yang dilakukan sangat dinamis. Tari Saman tumbuh dan berkembang di daerah Aceh. Tarian ini diiringi dengan nyanyian yang berisi pujian terhadap Tuhan Yang Maha Esa oleh para penarinya. Tarian Saman tidak hanya berkembang di daerah Aceh tetapi juga di kota- kota besar di Indonesia salah satunya Jakarta.
Substansi atau elemen dasar tari adalah gerak. Gerak pada tari akan berbeda dengan gerak yang dilakukan sehari-hari. Gerak pada tari dilakukan secara ritmis dan memiliki makna sedangkan gerak sehari-hari lebih menekankan pada gerak yang fungsional.
Soedarsono salah satu pakar tari di Indonesia menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak-gerak yang ritmis dan indah. Definisi ini memiliki arti bahwa tari terdiri dari gerak ritmis, merupakan ungkapan ekspresi, dan memiliki keindahan gerak.
B. Ruang, Waktu, dan Tenaga
Elemen dasar tari adalah gerak. Di dalam gerak mencakup ruang, waktu, dan tenaga.
1. Ruang
Jika kamu melakukan gerakan di tempat tanpa berdiri berarti melakukan gerak di ruang pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat maka kamu melakukan gerak di ruang umum. Gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri, berpasangan atau berkelompok. Masing-masing melakukan gerakan yang berbeda.
2. Waktu
Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu baik gerak estetis maupun gerak fungsional. Gerak fungsional seperti berjalan menuju ke sekolah tentu membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak yang jauh. Jika jarak yang jauh ingin sama cepatnya dengan jarak yang dekat tiba di tempat, maka gerak yang dilakukan haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali dari jarak yang dekat.
Perbedaan cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo. Jadi tempo merupakan cepat atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsi tempo pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati.
3. Tenaga
Setiap kamu melakukan gerak, tentu memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi; (a) intensitas, yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak; (b) aksen/tekanan muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras; (c) kualitas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika gerak yang dilakukan memiliki intensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga yang kuat dan sebaliknya, gerak dengan intensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit.
Tenaga yang digunakan oleh penari untuk menahan temannya tentu lebih besar dibandingkan dengan yang berdiri di atas punggung. Kekuatan tenaga menahan temannya tertumpu pada kedua kaki. Tenaga yang dikeluarkan oleh kedua penari yang menyangga temannya akan semakin kuat jika berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.
Bandingkan dengan pose gerak yang menunjukkan kaki tertahan di lantai dengan sedikit jinjit. Tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan sekuat pada gerak tari yang bersumber pada tari tradisi Papua kekuatan tenaga banyak pada kaki. Gerak kaki yang cepat dan ritmis merupakan salah satu ciri dari tarian Papua. Gerak tari yang tertumpu pada kaki tarian Papua dipengaruhi oleh kondisi geografis alam yang berbentuk pegunungan. Kehidupan masyarakat di daerah pegunungan memerlukan kaki kuat untuk dapat mendaki dan menuruni bukit. Kehidupan sosial budaya seperti inilah yang berpengaruh juga terhadap karya seni tari.
Setelah membaca konsep ruang, waktu, dan tenaga jawablah pertanyaan di bawah ini:
a. Jelaskan hubungan antara gerak dengan ruang.
b. Jelaskan hubungan antara gerak dengan waktu.
c. Jelaskan hubungan gerak dengan tenaga.
d. Bagaimana caranya melestarikan dan mengembangkan tari yang ada di Indonesia?
e. Setuju atau tidak setujukah kamu dengan berkembangnya seni tari yang berasal dari luar negeri di kota-kota besar Indonesia?
Aktivitas Mengeksplorasi Gerak
Kegiatan 1
1. Lakukan eksplorasi gerak berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.
2. Gambar gerak pada kegiatan 1 merupakan stimulasi bagi kamu dalam melakukan eksplorasi gerak.
3. Kamu dapat mencari sumber stimulasi gerak dari berbagai sumber belajar.
4. Tujuan melakukan eksplorasi pada kegiatan 1 ini agar kamu memiliki kesadaran gerak pribadi terhadap ruang, waktu, dan tenaga.
Kegiatan 2
latihan 1
1. Gerak Mengembangkan Sayap
a. Lakukan gerakan ini dengan mengembangkan kedua tangan dari bawah ke atas.
b. Rasakan pada saat melakukan gerakan mengembangkan sayap
c. Ada ruang yang terbentuk ketika melakukan gerak
d. Ada tenaga yang digunakan ketika mengangkat kedua tangan ke atas
e. Ada waktu yang digunakan pada saat melakukan gerak
f. Lakukan gerakan ini dengan tempo cepat-sedang-lambat
g. Rasakan perbedaan ketika melakukan gerak
2. Gerak Hinggap
a. Lakukan gerakan hinggap dengan melompat dari kanan kekiri dan sebalik dari kiri ke kanan
b. Rasakan tenaga yang digunakan ketika melakukan gerakberpindah
c. Rasakan tempo dari ruang-waktu-tenaga ketika melakukangerak
d. Lakukan gerakan secara bervariasi ke kanan-ke kiri-kedepan-ke belakang
3. Gerak Mematuk
a. Lakukan gerakan mematuk dengan tangan kanan di tekukdepan dada dan tangan kiri lurus ke damping
b. Gerak kedua tangan bersamaan seperti mematuk dantangan kaki kiri maju selangkah demi selangkah sampaiempat hitungan
c. Lakukan bergantian dengan tangan kiri dengan posisi yangsama
d. Rasakan
4. Mengembangkan Sayap
a. Lakukan mengembangkan sayap secara diagonal tanpa menggunakan selendang atau properti lainnya
b. Rasakan perbedaan ruang-waktu-tenaga pada saatmelakukan gerak dengan menggunakan property selendangdengan tanpa properti
c. Jika ada perbedaan catatlah perbedaan tersebut
Gerak mengembangkan
1. Kamu dapat mengganti properti selendang sebagai sayap dengan menggunakan kipas, kain panjang, sarung atau benda lainnya.
2. Rasakan perbedaan saat melakukan gerakan dengan menggunakan properti yang berbeda
3. Lakukan empat ragam gerak tersebut dengan hitungan dan jika memung-kinkan dengan iringan
C. Uji Kompetensi
Pengetahuan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan ruang di dalam tari?
2. Jelaskan yang dimaksud dengan waktu di dalam tari?
3. Jelaskan yang dimaksud dengan tenaga di dalam tari?
Keterampilan
1. Lakukan 5 rangkaian gerak secara berkesinambungan berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
D. Rangkuman
Berdasarkan materi yang telah dijelaskan, dapat di simpulkan bahwa gerak tari terdiri dari ruang, waktu, dan tenaga. Yang dapat didiskripsikan secara singkat sebagai berikut; (1) ruang dalam gerak merupakan efek yang ditimbulkan akibat gerak yang dilakukan; (2) waktu dalam gerak merupakan satuan irama dari gerak yang dilakukan; (3) tenaga dalam gerak merupakan satuan kekuatan yang dikeluarkan dalam melakukan gerak.
E. Refleksi
Pada Bab 5, kamu telah belajar tentang unsur gerak tari. Materi pembelajaran ini tidak hanya memberikan keterampilan dan pengetahuan, tetapi juga dapat belajar tentang sikap.
Kamu telah belajar tentang ruang di dalam gerak. Ruang terbentuk akibat gerak yang dilakukan. Di dalam kehidupan, kamu juga senantiasa bergerak dari satu tempat ke tempat lain, dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Gerak di dalam ruang tentu akan berhubungan dengan orang lain yang juga melakukan gerak. Untuk tidak saling bertabrakan dalam melakukan gerak maka perlu sikap toleransi dan saling menghormati. Jika kamu bergerak di dalam ruang yang disediakan dan menghormati orang lain maka akan menimbulkan rasa aman dan nyaman. Bayangkan jika kita membawa motor di tengah kemacetan dan bergerak tanpa toleransi dengan orang lain, tentu akan semakin menambah kemacetan semakin parah dan panjang.
Kamu telah mempelajari waktu dalam melakukan gerak. Ada nilai-nilai yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan berkaitan dengan waktu. Waktu terus mengalir baik dalam gerak tari dan juga kehidupan nyata. Dalam kehidupan tentu kamu berhubungan dengan orang lain baik di sekolah maupun di sekitar tempat tinggal. Kamu memiliki waktu yang sama dalam kehidupan yaitu selama 24 jam. Di antara kamu tentu ada yang memanfaatkan waktu dengan baik tetapi mungkin juga membuang waktu dengan bermain yang tidak memiliki makna. Waktu sebaiknya digunakan se-efektif dan se-efisien mungkin. Waktu tidak akan pernah kembali karena waktu kemarin tidak sama dengan sekarang dan yang akan datang.
Kamu juga telah mempelajari tenaga berdasarkan gerak yang dilakukan. Tenaga merupakan energi untuk dapat melakukan usaha. Kamu dapat menggunakan tenaga untuk hal positif seperti menyalurkan hobi olahraga atau seni. Jangan gunakan tenagamu untuk hal negatif seperti tawuran karena akan merugikan diri sendiri.
Aktivitas Mengomunikasikan
1. Kamu telah melakukan aktivitas pembelajaran gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.
2. Buat tulisan tentang hasil belajar salah satu temanmu berupa gerak tari yang dilakukan.
3. Tulisan maksimum 50 kata dan berdasarkan hasil pengamatan gerak yang dilakukan oleh salah satu temanmu.
4. Tulisan memberikan kritik yang membangun sehingga kamu dan teman mengetahui kelemahan dan kekurangan sehingga dapat melakukan gerak tari lebih baik lagi.
Sumber buku Seni Budaya