Karakteristik Mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani
Friday, 7 September 2018
Edit
Karakteristik mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani - Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dalam salah satu program studi yang ada di universitas. Program Studi adalah satuan pelaksana akademik yang menyelenggarakan pendidikan akademik atau professional dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni tertentu. Jadi Mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani adalah peserta didik yang terdaftar dalam program studi PGSD Pendidikan Jasmani.
Berdasarkan jalur penerimaan mahasiswa, maka mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani terdiri dari 2 macam, yaitu mahasiswa bersubsidi dan mahasiswa swadana. Mahasiswa bersubsidi adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Penelusuran Bibit Unggul (PBU) atau sekarang dikenal dengan jalur undangan dan ujian tulis. Mahasiswa Swadana adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) yang mulai tahun 2011 tidak dibuka dan Seleksi Mandiri (SM).
Perbedaan karakteristik mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani melalui daya tampung jalur masuk menjadi acuan untuk pembagian kelas program studi PGSD Pendidikan Jasmani. Untuk mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani bersubsidi berdaya tampung 1 kelas, yaitu kelas A sedangkan untuk mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani swadana berdaya tampung 1 kelas, yaitu kelas B. Kelas swadana berada di kampus wates. Adapun untuk tiap tahunnya masing-masing menempuh kurikulum yang sama tiap semesternya.
Mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani secara tidak langsung merupakan mahasiswa yang mengalami kompetisi persaingan yang lebih ketat dibandingkan dengan mahasiswa Swadana. Hal ini karena jumlah kelas yang tersedia jauh lebih sedikit tetapi jalur masuk yang digunakan hampir sama. Dengan demikian, diharapkan kualitas dan kapasitas mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani jauh lebih baik.
Melihat dari pengertian program studi maka mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani mempunyai orientasi menjadi guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Adapun harapan dari Fakultas Ilmu Keolahragaan khususnya Program Studi PGSD Pendidikan Jasmani terhadap mahasiswa adalah kemampuan akademik dan atau profesional dalam bidang pendidikan jasmani sekolah dasar. Kemampuan pedagogis yang mampu memadukan penguasaan bidang keguruan, ilmu olahraga, ilmu pendidikan, kepribadian dan kemampuan sosial dalam melaksanakan fungsi pendidikan dan pembelajaran (Kurikulum PGSD Pendidikan Jasmani, 2009:7).
Semua harapan program studi PGSD Pendidikan Jasmani yang tertuang dalam kompetensi lulusan PGSD Pendidikan Jasmani kurikulum 2009, secara langsung ataupun tidak langsung tersirat dalam mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Karena pada 2 mata kuliah ini, mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani mengimplementasikan keilmuan dan keahlian yang telah didapat dan diasah selama menempuh kuliah enam semester. Mahasiswa PGSD Pendidikan Jasmani yang akan menempuh mata kuliah KKN dan PPL akan mengimplementasikan secara nyata empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dengan kata lain telah memiliki kemampuan hards skills maupun soft skills yang baik.
Daftar Pustaka Makalah Karakteristik mahasiswa Prodi PGSD Pendidikan Jasmani