-->

8 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam (Gunung Meletus, Banjir, Gempa Bumi) Beserta Strukturnya

8 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam (Gunung Meletus, Banjir, Gempa Bumi) Beserta Strukturnya - Gunung meletus, gempa bumi, dan banjir merupakan fenomena alam yang termasuk kedalam kategori bencana alam yang merugikan. Dalam bahasa Indonesia, proses terjadinya bencana alam seperti gunung meletus, banjir dan sebagainya sering dijelaskan melalui contoh teks eksplanasi yang umum dijumpai di sekolah. Teks eksplanasi sendiri adalah salah satu teks dalam bahasa Indonesia yang memberikan pemaparan atau proses terjadinya sesuatu secara runtut seperti peristiwa fenomena alam maupun peristiwa bencana alam. Didalam sebuah contoh teks eksplanasi tentang bencana alam umumnya kita juga akan menemukan kaidah kebahasaan teks eksplanasi, kaidah kebahasaan teks eksplanasi serta ciri ciri teks eksplanasi itu sendiri.

Pada dasarnya contoh teks eksplanasi tentang bencana alam seperti gunung meletus, banjir, dan gempa bumi dapat dengan mudah kita temukan dalam berbagai media baik cetak maupun elektronik. Untuk memahami contoh teks eksplanasi tersebut maka kita harus memahami strukturnya juga. Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh teks eksplanasi beserta strukturnya dan ciri ciri teks itu sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam (Gunung Meletus, Banjir, Gempa Bumi) Beserta Strukturnya

Gunung meletus, banjir dan gempa bumi sering diartikan sebagai fenomena alam yang merugikan, maka dari itu kita perlu mengklasifikasikan bahwa segala bentuk fenomena alam yang merugikan adalah termasuk bencana alam.
contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam beserta strukturnya
Proses terjadinya bencana alam serta akibatnya terhadap masyarakat inilah yang akhirnya dirangkum menjadi sebuah contoh teks eksplanasi tentang bencana alam gunung meletus, banjir, gempa bumi dan lain sebagainya. Namun sebelum kita membahas tentang contoh teks eksplanasi singkat tersebut, sebelumnya kita harus memahami pengertian teks eksplanasi, ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi itu sendiri.

Pengertian teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang termasuk dalam jenis teks dalam bahasa indonesia. Teks eksplanasi berfokus memberikan pemaparan tentang suatu proses mengapa dan bagaimana. Contoh teks eksplanasi yang umum dijumpai adalah tentang bencana alam, fenomena alam, fenomena sosial, ilmu pengetahuan, pendidikan dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap kejadian disekitar kita selalu berhubungan langsung dengan proses dan sebab akibat. Peristiwa dan fenomena tersebut tidak hanya kita amai melainkan dapat kita pelajari dari sudut pandang tertentu seperti mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi lalu bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut.

Ciri ciri teks eksplanasi

Sama seperti teks dalam bahasa indonesia lainnya, ketika kita tengah membaca contoh teks eksplanasi tentang bencana alam kita dapat mempelajari dan menemukan ciri ciri teks eksplanasi tersebut. Pada dasarnya teks eksplanasi memiliki 3 ciri ciri utama, antara lain adalah:
  • Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum disusul sebab akibat dan interpretasi.
  • Memuat informasi yang diperkuat oleh adanya fakta serta kenyataan.
  • Fakta fakta yang terdapat dalam contoh teks eksplanasi umumnya bersifat ilmiah.

Struktur teks eksplanasi

Sebuah contoh teks eksplanasi singkat baik tema tentang bencana alam, pendidikan, fenomena alam dan sebagainya tentu memiliki struktur khusus dalam teksnya. Adapun struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, diikuti sebab akibat lalu diakhiri dengan adanya interpretasi. Sebelum membaca contoh teks eksplanasi mari kita simak strukturnya terlebih dahulu/
  • Pernyataan umum : Yakni sebuah pernyataan yang memuat suatu topik bahasan yang selanjutnya akan dijelaskan tentang proses keberadaan, terjadinya hingga akibatnya.
  • Sebab akibat : Adalah urutan peristiwa yang berisi penjelasan proses terjadinya sesuatu mulai dari awal mula hingga akhir dan disajikan secara urut dan bertahap.
  • Interpretasi : Interpretasi umumnya berisi kesimpulan tentang sebuah topik bahasan.

Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam

Dalam bagian ini kita akan membahas tentang kumpulan contoh teks eksplanasi singkat dengan tema bencana alam. Seperti yang kita ketahui bahwa banjir, gunung meletus dan gempa bumi merupakan contoh bencana alam yang sangat umum kita jumpai di Indonesia. Terjadinya peristiwa tersebut tidak hanya dapat kita lihat, namun juga dapat kita pelajari dalam contoh teks eksplanasi di bawah ini:

Contoh teks eksplanasi tentang gunung meletus (Proses gunung meletus)
Gunung meletus merupakan sebuah peristiwa alam yang dapat terjadi kapan saja. Meskipun terdapat berbagai tanda gunung meletus, namun sebuah gunung api yang tergolong masih aktif harus tetap kita waspadai. Gunung api aktif merupakan gunung yang masih memiliki dapur magma didalamnya. Timbulnya bencana gunung meletus sejatinya disebabkan karena dapur magma yang terdapat dalam perut bumi sudah tidak mampu lagi menahan intensitas magma yang ada. Magma adalah cairan panas yang memiliki suhu sangat tinggi dan berpotensi menyebabkan kebarakan. Selanjutnya setelah magma keluar dari perut bumi melalui kawah gunung berapi akan disebut sebagai lava. Magma dapat keluar ke atas karena mendapatkan tekanan dan dorongan dari gas bertekanan sangat tinggi.

Tanda tanda sebuah gunung akan meletus dapat dengan mudah diamati dan dirasakan diantaranya adalah daerah disekitar gunung berapi akan bertambah panas suhunya, sering terjadi gempa vulkanis, mata air di dekat gunung tersebut akan mengering, tumbuhan banyak yang layu bahkan sampai mati, serta hewan hewan yang tinggal di lereng gunung berapi akan beranjak turun menjauhi gunung berapi tersebut.
contoh teks eksplanasi tentang gunung meletus
contoh teks eksplanasi tentang gunung meletus
Gunung berapi sendiri memiliki empat bagian dengan peran berbeda beda saat terjadi letusan gunung berapi. Keempat bagian tersebut ialah struktur kawah gunung, rekahan dan graben, kaldera dan depresi volkano tektonik. Terjadinya gunung meletus umumnya diawali dengan peningkatan suhu di area kawah gunung berapi. Muncul suara dentuman akibat letusan hidrovulkanik, terjadinya gempa tektonik dengan skala kecil, dinding dinding gunung mengalami longsor. Setelah itu letusan semi magentik (percampuran antara air danau atau kawah dengan magma) akan menciptakan uap sehingga merubah tekanan. Temperatur magma sendiri dapat mencapai 650 derajat celcius hingga berkisar antara 1200 derajat celcius. Tekanan uap yang sangat tinggi tersebut memiliki cukup kekuatan untuk menggetarkan bahkan melemparkan material material yang terdapat pada gunung berapi. Kemudian terjadilah letisan magmatik, yakni sebuah letusan yang juga diikuti oleh aktivitas magma. Jika tanda tanda tersebut telah muncul, dapat dipastikan bahwa gunung berapi tersebut siap meletus dengan letusan yang sangat dasyat.

Fenomena tentang gunung meletus merupakan sebuah peristiwa alam yang merugikan, dan terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Sebagai manusia itu sendiri, kita tidak mampu mencegah gunung meletus. Namun pada dasarnya tidak semua gunung berapi akan meletus, hanya gunung berapi yang tergolong aktif saja yang perlu diwaspadai keberadaanya. Selain itu, kita juga perlu mewaspadai tanda tanda serta dampak buruk terjadinya letusan gunung berapi. Seperti tercemarnya udara sekitar gunung akibat abu vulkanik, Tanah menjadi kering dan susah untuk ditanami, aktivitas pendudukan akan terganggu dan lain sebagainya. Meskipun demikian, terdapat dampak positif yang terjadi setelah letusan gunung berapii seperti tanah menjadi lebih subur karena abu vulkanik, material yang dikeluarkan dari perut bumi dapat dimanfaatkan, munculnya mata air panas dan sebagainya.

Contoh teks eksplanasi tentang banjir
Banjir atau banjir bandang, adalah banjir dengan skala besar dan datang secara tiba tiba. Mengalir deras membawa meterial berat dan benda besar lainnya. Banjir bandang sering juga diartikan sebagai air bah. Banjir bandang ini selalu menyebabkan berbagai masalah seperti masalah ekonomi hingga sosial, rusaknya berbagai fasilitas serta sarana umum yang diterjangnya. Serta aliran deras yang ikut membawa material berat akan merusak apapun yang dihantamnya, maka dari itu banjir bandang sangat berbahaya bagi manusia.
Dalam penggalan contoh teks eksplanasi tentang bencana alam diatas dapat kita lihat bahwa paragraf pertama memuat pernyataan umum tentang banjir bandang
Penyebab utama terjadinya banjir bandang adalah karena proses orografi. Orografi merupakan hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap bergerak secara horizontal, selanjutnya angin ini akan beranjak naik ke pegunungan. Karena tekanan dingin pada pegunungan akan menyebabkan kondensasi, lalu terjadilah hujan di area pegunungan. Karena curah hujan yang deras dari atas gunung, lama kelamaan akan mengakibatkan banjir bandang di sepanjang aliran sungai.
Paragraf kedua dan ketiga dalam contoh teks eksplanasi tentang banjir ini mengandung korelasi antara sebab dan akibat dari banjir bandang
Penyebab lain terjadinya banjir bandang ialah terbentuknya bendungan alami akibat dari terjadinya tanah longsor yang berasal dari lereng lereng sepanjang aliran sungai. Bendungan ini umumnya terbentuk dari material longsor seperti tanah, kayu sisa dari penebangan liar, batu dan lain sebagainya. Bendungan inilah yang menyebabkan genangan seperti danau atau sejenis tampungan air ketika hujan lebat datang. Jika semakin hari air semakin bertambah maka bendungan tersebut tidak akan kuat menahan intensitas air dan akhirnya air bah pun akan tumpah dan mengalir melalui lereng lereng dan lembah menghantam apa saja yang dilaluinya.
Paragraf terakhir dari contoh teks eksplanasi ini mengandung interpretasi
Banjir bandang memang tidak dapat dianggap sebagai sebuah persoalan yang penyebabnya hanya satu. Namun bencana alam ini terjadi karena beberapa faktor berantai yang akhirnya mengundang banjir. Selain pemerintah, masyarakat juga harus andil dalam upaya mencegah banjir tersebut. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena memang banjir bandang adalah bencana alam yang sangat berbahaya dan menimbulkan dampak buruk berkepanjangan.

Itulah penjelasan struktur teks eksplanasi disertai dengan ciri ciri, kaidah kebahasaan dan contoh teks eksplanasi tentang bencana alam yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Untuk melihat berbagai contoh teks eksplanasi singkat dan contoh teks dalam bahasa indonesia lainnya anda dapat mengikuti situs ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel