-->

6 Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

6 Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya - Teks eksemplum adalah jenis teks yang berfokus pada pengalaman yang memuat dan menceritakan perilaku karakter serta tokoh yang terdapat dalam cerita beserta diawali dengan perkenalan para tokok terlebih dahulu. Contoh teks eksemplum cerita rakyat singkat dan sebagainya sudah banyak beredar dan umumnya memang berdasarkan pengalaman seseorang. Contoh teks eksemplum beserta strukturnya sendiri sangat umum kita jumpai ketika kita menginjak bangku sekolah khususnya SMA dan sederajat.

Pada pelajaran bahasa indonesia terdapat istilah mengenai teks eksemplum. Namun apa itu Teks Eksemplum? Bagaimana cara membuat teks tersebut? Mungkin masih banyak yang bertanya tanya mengenai apa itu teks eksemplum. Mari kita bahas penjelasan mengenai tek eksemplum beserta struktur dan contohnya. Secara garis besar teks eksemplum berkaitan dengan pengalaman hidup. Setiap orang mengalami pengalaman yang beerbeda beda baik dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Nah untuk mengungkapkan pengalaman tersebut kita dapat membuat teks eksemplum.


Pada dasarnya contoh teks eksemplum singkat memang sangat mudah untuk dibuat. Tanpa harus browsing dan mencari referensi dari orang lain kita dapat membuat contoh teks eksemplum singkat milik kita sendiri beserta strukturnya yang berdasarkan atas pengalaman pribadi kita masing masing. Namun dalam memberikan cerita eksemplum ini kita harus lebih menekankan pada watak dan sifat dari masing masing karakter yang terdapat pada cerita.

Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

Untuk dapat memahami contoh teks Eksemplum singkat dibawah ini maka terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja unsur unsur, pengertian dan sturktur teks eksemplum itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita simak mengenai pengertian teks eksemplum beserta struktur dan contohnya.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks Eksemplum adalah suatu teks yang menceritakan tentang sebuah pengalaman yang didalamnya terdapat perilaku dari seorang tokoh cerita yang diawali dari perkenalan tokoh serta pegalaman apa yang telah dialami oleh tokoh tersebut dan diakhiri oleh pemahaman didalam diri suatu tokoh cerita terhadap apa yang telah dialaminya. Teks Eksemplum memang berkaitan dengan pengalaman hidup. Pengalaman yang telah dialami oleh tokoh cerita yang didalamnya terdapat hikmah dari suatu kejadian tersebut. Pengalaman tersebut terjadi agar suatu hari nanti tidak melakukan hal atau kejadian yang sama sehingga tidak dapat terulang lagi.

Teks Eksemplum memiliki ciri ciri serta struktur didalam pembuatan contoh teks eksemplmum. Adapun ciri ciri teks eksemplum yaitu sebuah peristiwa dalam teks eksemplum terjadi oleh keinginan seorang tokoh tersebut yang dapat dialami secara sengaja maupun tidak sengaja, didalam teks ini juga memiliki sifat naratif atau menjelaskan sebuah kejadian, pada teks eksemplum berisi sebuah pengalamn hidup, pada teks ini tokoh tersebut memiliki sifat untuk tidak melakukan tindakan yang sama serta tokoh mengalami perubahan perilaku, dan didalam teks eksemplum terdapat alur peristiwa yang jelas serta urut. Menggunakan unsur kebahasaan yang meliputi kata rujukan, konjungsi, kata kerja dan kalimatnya harus kompleks. Di dalam contoh teks eksemplum juga harus mempunyai karakteristik tokoh yang memiliki penyesalan dalam diri seorang tokoh tersebut, peristiwa yang dialami oleh tokoh tersebut tidak sering terjadi, mengandung hikmah atau nilai nilai yang terdapat dalam teks tersebut, serta terdapat pemahaman atau interpretasi dan koda dalam sebuah kejadian.

Struktur Teks Eksemplum

Di dalam membuat teks eksemplum terdapat struktur struktur yang harus dipahami terlebih dahulu. Adapun strukturnya yaitu:

1. Abstrak
Penggambaran suatu tokoh yang mengalami sebuah kejadian atau peristiwa yang akan diceritakan. Biasanya didalam struktur ini merupakan sebuah pengantar dari sebuah cerita.

2. Orientasi
Pengenalan tokoh yang akan mengalami sebuah kejadian. Berisi latar, waktu, serta tempat yang akan terjadi. Latar tersebut yang akan memberi kesan watak baik secara pkisis maupun fisik.

3. Insinden
Berisi tentang suatu peristiwa yang terjadi pada seorang tokoh dan menyebabkan suatu masalah atau persoalan yang menimpa tokoh tersebut. Biasanya terdapat sebab akibat dari suau kejadian.

4. Interpretasi 
Berisi tentang makna dari sebuah peristiwa yang telah dialami oleh tokoh tersebut, serta memberi hikmah terhadap perilaku tokoh agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali.

5. Koda
Koda merupakan sebuah penutup dari suatu cerita tersebut.

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Untuk lebih memahami apa itu teks eksemplum, materi belajar akan memberikan contoh dari teks tersebut.
  • Contoh teks eksemplum tentang cerita rakyat
Katak yang Angkuh
Orientasi

Didalam sebuah kolam terdapat seekor katak. Katak tersebut bernama Iko, Iko memiliki sifat yang angkuh. Keangkuhan dalam dirinya disebabkan oleh pemahaman bahwa didalam dirinya selalu benar dan selalu berada pada bagian teratas di bandingkan yang lain. Iko tinggal bersama keluarga dan teman  temannya. Namun iko lebih memilih untuk menyendiri dan tidak mau beradaptasi denhan yang lainnya.

Insiden

Pada suatu hari sekelompok katak tersebut membuat sebuah tempat untuk menarik perhatian seekor katak betina. Katak katak tersebut membuat tempatnya menggunakan rumput rumput alami yang terdapat pada sekeliling kolam. Tempat tersebut dibuat senyaman dan secantik mungkin untuk menarik perhatian katak betina. Ikopun juga ikut membuat tempatnya sendiri. Namun iko membuat sarang dari berbagai jenis bunga agar tempatnya lebih menarik daripada  milik katak lainnya. Tempat iko berisi bermacam macam jenis tanaman bunga yang memiliki banyak sekali warna.

Iko membuat tempatnya tanpa memperhatikan tingkat kenyamanan tempat tersebut. Selain Iko ada pula binatang lain seperti Ikan yang sedang menghiasi tempatnya pula. Ikan tersebut bernama Oki. Oki dikenal sebagai ikan yang dermawan dan baik hati. Apabila ada hewan lain di sekitar kolam membutuhkan bantuan. Oki selalu membantu memecahkan masalah tersebut. Sifat Oki berbanding terbalik dengan sifat Iko.. Kemudian Iko mengejek tempat yang telah dibuat Oki. "Hoi Oki!!! Lihat tempat yang kau buat itu kelihatan tidak menarik bahkan seperti tumpukan sampah. Lihat tempat yang aku buat bagaikan istana pelangi....." Oki pun hanya diam dan tersenyum kepada iko, Oki berkata, "Wahai Iko lihat tempat yang telah kau buat itu. Walaupun terlihat cantik alangkah baiknya jika kamu memakai rumput alami di sekitar kolam agar lebih nyaman." Ikopun tetap membuat tempatnya dengan bangganya, tanpa mendengarkan saran dari Oki.


Setelah beberapa jam membuat tempat tersebut. Kemudian datanglah katak katak betina yang akan diambil hatinya oleh katak katak jantan. Kemudian katak katak betina tersebut datang menghampiri katak jantan lainnya termasuk Iko. Namun tak satupun katak betina yang menghampiri Iko, walaupun terlihat cantik tetapi tempat Iko tidak terlalu nyaman untuk ditempati. Ikopun sendirian dan merasa sedih karena tidak ada satupun teman bahkan katak betina yang menemaninya. Datanglah Oki yang menyapa Iko dengan baiknya. Bahkan Oki menawarkan Iko untuk menjadi temannya. Ikopun sadar akan sikap yang ia perbuat. Akhirnya Iko menjadi tidak angkuh lagi, melainkan menjadi lebih ramah terhadap orang disekelilingnya. Kemudian Ikopun kembali membuat tempatnya menggunakan rumput alami di sekitar kolam.

Interpretasi

Sejak kejadian tersebut, Iko merubah sikapnya menjadi lebih baik. Ikopun menjadi sosok yang lebih ramah kepada teman temannya. Karena kita adalah mahkluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.
  • Contoh teks eksemplum tentang pengalaman pribadi
Kejadian diparkiran

Orientasi

Sebuah peristiwa yang membuat saya sadar bahwa pentingnya perlengkapan kendaraan yang kita miliki, contohnya helm. Setiap pagi saya pergi bekerja menuju toko. Jarak antara rumah dengan toko pun lumayan jauh sekitar 17 km dari jarak rumah. Rumah saya berada dipinggiran Semarang sedangkan letak toko tempat saya bekerja berada di daerah tengah kota Semarang. Setiap hari saya bekerja ditoko tersebut dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore. Saya tidak hanya bekerja di dalam toko saja, kadang saya juga harus mengantar berkas surat kerjasama antara toko tersebut dengan instansi lain. 

Insiden

Saat itu masih pagi dan saya pun ternyata harus mengantarkan surat ke kantor pajak agar kerjasama antara toko tempat saya bekerja dapat bekerja sama dengan instansi lain dan dapat berjalan dengan baik. Disaat saya sudah sampai ternyata ada salah satu surat yang tidak diterima oleh pihak perpajakan. Kejadian tersebut membuat saya harus mengambil syarat surat perpajakan agar surat tersebut dapat diterima oleh pihak perpajakan. Saya pun langsung menuju instansi tersebut.

Sesampainya saya diparkiran kantor instansi tersebut, tanpa saya pikir panjang saya langsung masuk kedalam instansi tersebut tanpa memperhatikan perlengkapan bekendara saya sudah aman atau belum. Saya pun tidak terlalu lama berada didalam instansi tersebut. Saya pikir cukup berbincang sebentar dengan pihak dari instansi tersebut dan langsung mengambil syarat perpanjakan yang kurang. Saat saya sampai ditempat parkiran, sayapun merasa aneh dengan motor saya. Seperti ada yang kurang dengan motor saya. Kemudian saya sadar bahwa helm milik saya tidak ada. Sayapun kembali kedalam instansi tersebut untuk bertanya apakah ada yang melihat helm yang saya miliki. Namun ternyata helm saya hilang tak berbekas karena sering terjadi pencurian hal yang sama di dalam instansi tersebut. Akhirnya saya kembali menuju toko tanpa memakai helm.

Interpretasi

Akirnya sesampainya di toko saya sadar, bahwa pentingnya menjaga keamanan alat berkendara saya. Saya sadar bahwa sebelum menaruh sepeda motor beserta perlengkapannya alangkah baiknya saya memeriksa terlebih dahulu apakah sudah aman atau belum. Saya beruntung karena cuma helm saya yang hilang, melainkan bukan sepeda motor saya yang hilang.

Sekian tentang contoh teks eksemplum singkat beserta strukturnya yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Pada dasarnya contoh teks eksemplum cerita rakyat singkat dan sebagainya telah berkembang dan dapat kita temukan dengan mudah dalam kehidupan masyarakat. Terimakasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel