-->

6 Contoh Teks Berita Singkat Beserta Struktur dan Kaidah 5W1H

6 Contoh Teks Berita Singkat Beserta Struktur dan Kaidah 5W1H - Contoh teks berita tentang kecelakaan, kebakaran, banjir, kriminal dan politik singkat dalam artikel ini pada dasarnya telah mengacu pada kaidah kebahasaan teks berita secara umum yakni 5W1H. Contoh berita kali ini merupakan serangkaian peristiwa terbaru yang disajikan secara singkat padat dan jelas. Pada dasarnya contoh berita dapat dengan mudah kita temukan pada berbagai media masa baik elektronik maupun cetak. Media elektronik yang menyuguhkan berita singkat dapat kita temukan pada acara berita di televisi, radio maupun internet. Sedangkan contoh teks berita singkat pada media cetak dapat kita temukan berbentuk koran dan majalah. Dan umumnya contoh teks berita singkat memang telah disusun berdasarkan unsur 5W1H.

Sebelum kita membahas dan mempelajari contoh teks berita singkat beserta strukturnya maka terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian berita, struktur teks berita, kaidah kebahasaan dan unsur 5W1H terlebih dahulu.


Apa itu berita? Berdasarkan pengertian para ahli, berita adalah suatu laporan dari sebuah pendapat dan peristiwa yang sifatnya sangat penting, menarik, dan baru sehingga ramai diperbincangkan. Sedangkan secara umum pengertian berita adalah suatu laporan kejadian yang timbul dari serangkaian peristiwa yang tengah ramai diperbincangan publik dan media massa. Sementara itu, pengertian berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah informasi mengenai peristiwa dan atau kejadian yang bersifat faktual atau nyata. Menurut berbagai pendapat diatas pengertian berita telah mencakup kaidah dari 5W1H.

Selanjutanya apa itu 5W1H? Dalam proses pencarian sebuah berita umumnya wartawan atau jurnalis akan menyampaikan informasi secara faktual berdasarkan kejadian sebenarnya. Informasi tersebut selalu mengacu pada kaidah kebahasaan atau unsur 5W1H. Sedangkan 5W1H sendiri adalah sebuah singkatan dari kata tanya yang menggunakan bahasa inggris yaitu What, Where, When, Who, Why, dan How. Adapun penjelasan dari setiap unsur 5W1H tersebut adalah :

  • What : Peristiwa yang tengah terjadi, umumnya menggunakan kata tanya "Apa".
  • Where : Dimanakah peristiwa itu terjadi.
  • Who : Siapa yang tengah mengalami peristiwa tersebut.
  • When : Kapan kejadian tersebut terjadi.
  • Why : Mengapa kejadian tersebut bisa terjadi.
  • How : Bagaimana kejadian tersebut terjadi. 
Berdasarkan dari penjelasan tentang pengertian, kaidah, dan unsur diatas maka sebuah informasi dapat dikemas menjadi cintoh teks berita singkat.

Sama halnya dengan contoh teks pada umumnya, contoh berita singkat yang disiarkan baik melalui televisi, media cetak, dan sebagainya juga memiliki struktur teks. Adapun struktur teks berita terdiri dari tiga struktur, yaitu  Orientasi berita, Informasi, serta sumber dan referensi. Penjelasan dari setiap struktur berita tersebut adalah : 
  • Orientasi : awal dari sebuah kejadian yang tengah diberitakan.
  • Informasi : menceritakan sebuah peristiwa yang tengah terjadi.
  • Sumber : berisi tentang dari mana berita itu terjadi dan pada umumnya terdapat pada akhir teks, tetapi tidak jarang pula terdapat didalam berita tersebut.

Contoh Teks Berita Singkat

Setelah membahas mengenai pengertian, struktur serta kaidah dari sebuah berita, selanjutnya mari kita simak contoh berita singkat. Kali ini kita akan membahas contoh berita tentang banjir, kebakaran, kecelakaan, kriminal serta politik yang menggunakan kaidah kebahasaan dan unsur 5W1H.

Contoh berita tentang kecelakaan

Berikut adalah contoh teks berita tentang kecelakaan sebuah kereta api pada hari Rabu tanggal 21 April 2017 di Bandung. Kereta tersebut mengalami kecelakaan karena  salah satu gerbong kereta keluar jalur sehingga menyebabkan seluruh bagian kerta  menabrak tembok perbatasan stasiun. Sontak peristiwa ini membuat warga menjadi panik karena kereta tiba tiba memasuki jalur rel yang telah ditinggalkan dan seharusnya tidak dipakai lagi. Gerbong penumpang Sri Gunting
 melaju kencang hingga kereta terguling. Beruntung tidak terdapat korban dalam kecelakaan tersebut. Diduga kecelakaan tersebut dikarenakan kelalaian operator. Namun Kepala Kereta api, Jumadi, membenarkan adanya kelalaian tersebut.

Contoh berita tentang  kebakaran

Berikut contoh teks berita tentang kebakaran, sebuah rumah terbakar dipasar Boyolali, Senin pagi  2 Januari 2016 tersebut membuat panik para penjual beserta pembelinya. Api tersebut menghanguskan seluruh barang yang berada dipasar tersebut. Api tersebut segera dipadamkan oleh pihak petugas kebakaran, namun pihak pemadam kebakaran kesulitan memadamkannya. Akhirnya api tersebut dapat dipadamkan tetapi pemadam harus menembus ruangan dasar dalam tembok tersebut. Penyebab kebakaran masih belum diketahui dan masih dalam penyelidikan Polresta Boyolali.

Contoh teks berita tentang banjir


Banjir merupakan problematika yang timbul karena intensitas air sungai meluap hingga masuk ke pemukiman warga. Seperti yang terjadi di kota lamongan jawa timur ketika puluhan hektar sawah dan tambak. Puluhan hektar tambak serta sawah milik warga dapat terendam banjir disebabkan jebolnya tanggul sungai ciliwung. Akibat dari bencana ini para petani terancam mengalami gagal panen dan merugi.

Tanggal sungai ciliwung teridentifikasi jebol pada selasa malam tanggal 12/04/17 setelah diterjang ribuan kubik air akibat dari hujan yang tidak kunjung reda 3 hari terakhir. Tanggul selebar 15 meter yang jebol lantaran tidak kuat menahan terjangan air ini akhirnya meluap dan menggenangi persawahan dan ladang milik warga di kecamatan turi dan kecamatan lamongan selatan.

Menurut penuturan salah seorang warga yang menjadi petani, tanggul mulai terlihat jebol pada pukul 10.00 malam akibat dari luapan suangai ciliwung yang saat itu meluber. Peristiwa jebolnya tanggul sungai ciliwung ini merupakan yang kedua kalinya namun tidak separah sebelumnya.

Para petani mengeluhkan respon dan tanggapan pemerintah tentang bencana ini. Pasalnya sampai sekarang ini belum ada bantuan dan tanggapan lebih lanjut tentang bencana ini. Para petani hanya berharap agar pemerintah lamongan segera membenahi tanggul yang jebol agar warga dapat beraktivitas secara normal kembali.

Contoh Teks Berita tentang Politik

Baru-baru ini Provinsi Jakarta mengadakan pemilihan ulang Gubernur  dikarenakan ada kecurangan dalam pemungutan suara tersebut. Pemungutan ulang diselenggarakan kembali pada hari Seni tanggal 5 Mei 2017. Kejadian pelanggaran tersebut baru diketahui dua hari setelah pemungutan pertama dilaksanakan.

Terhitung sebanyak 800 pemilih yang berada pada TPS dua dan tiga melakukan pemilihan ulang. Panwaslu DKI Jakartapun juga mengganti ketua beserta anggota KPPS. 

Pemilihan Gubernur tersebut dilakukan pemungutan suara ulang yang diikuti oleh dua calon pasangan, serta pemilihan tersebut berjalan secara lancar dan tertib dengan penjagaan Polisi setempat. 

Contoh teks berita tentang kriminal

Berita tentang kriminalitas memang telah menjamur di berbagai media pasalanya memang banyak sekali kasus kriminal saat ini. Sindikat penjualan barang haram narkoba jenis sabu berhasil dibongkar dan diamankan satuan narkoba polres kota tangerang jakarta barat pada rabu 17 april 2017 kemarin.

Dari operasi gabungan tersebut polisi dan BNN berhasil menangkap sindikat berjumlah lima orang tersangka termasuk pengedar dan 12kg barang haram. Penangkapan sindikat ini berawal dari penangkapan seorang tersangka berinisial AK yang dijembatan taman kelurahan jatinegara bekasi.

Dari tangan tersangka sendiri pihak BNN berhasil menyita 2.12kg sabu siap edar. Dan dari penuturan tersangkalah polisi dapat menangkap sindikat pengedar barang haram tersebut.

Pada dasarnya teks berita beserta struktur 5W1H dapat kita temukan dalam kehidupan kita sehari hari. Selalu ingat bahwa dalam menyampaikan sebuah berita kita harus memuat informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel